Manajemen Ucapan

Pernah denger kalimat mulutmu harimaumu, atau lidah lebih tajam daripada sebilah pedang. Sepertinya kamu bakal cuwek atau mungkin cuma gak peduli dengan kalimat itu sampai pada ahirnya kamu mengalami sendiri akibat dari perkataanmu.
saya seringkali dirugikan oleh kalimat yang keluar dari mulut saya sendiri, sayangnya saya menyadari hal tersebut setelah ucapan terlanjur keluar dari mulut. Masih bersyukur hanya diri saya sendiri yang dirugikan dan tidak merugikan orang lain, tidak sampai menimbulkan akibat yang membahayakan atau mungkin sampai menghasilkan sebuah peperangan. Bayangkan jika sampai berakibat pada sebuah peperangan suatu kaum hanya karena sebuah ucapan. hmmm ampun deh.
tapi bro, sedini mungkin dari hal sekecil apapun kita harus sadar bahwa memang ucapan adalah senjata pertama untuk manusia saling berinteraksi, lain tema dengan tuna wicara lho ya. kita akan mendapat respect dari orang lain ketika paling tidak ucapan kita bisa dipertanggungjawabkan, baik buruknya ucapan yang kita keluarkan akan setimpal dengan feedback yang kita dapatkan.
eitdah. Jaman sekarang ucapan bukan hanya bisa didengar langsung dari suara yang dikeluarkan melalui mulut, sudah banyak yang namanya media sosial yang menjadi papan untuk ocehan ocehan kita, jangan tutup mata atau bahkan sok gak tau etika ya, justru media sosial ini merupakan papan ucapan yang paling berbahaya. Ucapan ucapanmu akan bisa dilihat oleh siapa saja, ucapan ucapanmu akan sangat cepat menyebar ke siapa saja. Misalpun kamu mau pura-pura buta dan gak mau tau etika berucap, setidaknya dan seharusnya kamu tau apa akibatnya jika sampai salah berucap.
jika diperbolehkan, menurut saya kita bisa melakukan manajemen ucapan dengan minimal 3 unsur:
1. Baik, cobalah berucap dengan kata-kata yang baik, tinggalkan ucapan kotor paling tidak mencoba dengan mengurangi ucapan-ucapan kotor.
2. Tepat, ucapan yang baik akan lebih bernilai ketika diucapkan dalam waktu atau kondisi yang tepat, juga dengan tema yang sesuai ya.
3. Manfaat, ucapan yang baik dan disampaikan dalam waktu atau kondisi yang tepat akan memiliki nilai yang baik untuk diaplikasikan, ditambah lagi jika dari ucapan itu mengandung unsur manfaat bagi yang terlibat. that's awesome bro.
kamu akan mendapatkan kenikmatan tersendiri yang luar biasa dari ucapan yang terlontar dari mulut kamu jika minimal mengandung unsur tersebut.

nah.. sebagai seorang manusia yang secara istimewa diberi kelebihan untuk bisa berucap dengan bahasa yang indah, mari gunakan lisan kita untuk berucap dengan baik, tepat dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment