Oleh-oleh dari Gunung Sumbing

Jika ingin mengerti arti kebersamaan, dalam sebuah pendakian gunung terdapat salah satu jawaban yang paling tepat.

Saya yakin bahwa setiap orang yang pernah melakukan perjalanan pendakian menuju puncak sebuah gunung mengerti apa maksud dari kalimat diatas yang saya tuliskan. Bagi yang belum pernah sedikit akan saya beri sebuah gambarannya. Sebuah perjalanan yang sangat melelahkan dimulai dari start melangkah di basecamp pendakian hingga puncak yang dituju. Sendiri ataupun kelompok kita akan bertemu dengan beberapa kelompok lain yang memiliki tujuan yang sama, mencari keindahan dalam tempat yang jauh dari keangkuhan, kesombongan, ketamakan riuhnya kota. dalam kondisi ini semua akan merasa saling menghargai satu sama lain meskipun tak kenal satu sama lain. Menyapa, bertanya, memberi semangat, bahkan berbagi logistik dengan yang lainnya supaya tujuan tercapai dengan lancar, disitulah kita akan paham betapa indahnya sebuah kebersamaan meskipun sebelumnya tak saling kenal.

ngomong-ngomong soal hiking, disamping impact positif yang akan didapat ada beberapa hal yang juga bisa kita lihat sebagai bahan introspeksi. bahwa "sifat dasar seseorang akan sangat terlihat ketika berada dalam pendakian", ego, sok tau, sok memimpin, dan lain sebagainya. berkebalikan dengan paragraf sebelumnya bukan. :D kenapa demikian, saya juga kurang paham dan memilih aman saja tidak mau berasumsi apapun.

it's okay, bahwa sifat apapun yang dimiliki pada akirnya tetap akan beradaptasi untuk tetap menjaga kebersamaan meskipun persentasenya hanya sedikit. mungkin hanya butuh waktu lebih lama untuk beradaptasi.

ini tulisan sudah lama mengendap di draft, ceritanya sudah panjang lebar saya tulis alur dari start berangkat penginnya sampai finish. tapi malah jadi terlalu panjang dan melebar dari ruang lingkup. akhirnya saya hapus dan ganti paragraf ini saja. tujuannya cuma mau upload foto saja kok;

[gallery size="medium" columns="4" ids="106,107,108,109,110,111,112,113" orderby="rand"]

intinya sih, yuk jadilah pendaki gunung yang sejati! kamu naik gunung untuk menikmati kejujuran, kebersamaan, kesejukan dan keindahan Alam semesta. So. JANGAN PERNAH MENINGGALKAN JEJAK SAMPAH SEDIKITPUN DI GUNUNG! sesimpel itu aja.

No comments:

Post a Comment