Pemerintah Dukung Banjarnegara Youth Creativity Center

Wing Craft Expo berhasil mengumpulkan banyak kreator muda Banjarnegara dalam sebuah pameran kreatifitas di Kuliner Banjarnegara pada tanggal 14-17 Februari 2018. Dan "Banjarnegara Youth Creativity Center" menjadi tagline yang sungguh kece untuk acara Wing Craft Expo tersebut.

Ditengah paceklik kurangnya wadah bagi para kreator muda Banjarnegara untuk unjuk gigi memamerkan hasil karya mereka, acara Wing Craft Expo menjadi angin segar bagi mereka. Rupa-rupanya Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mulai real menunjukkan dukungannya, ya salah satunya dengan diselenggarakan acara ini.

Dibalik layar, inilah kreator acara Wing Craft Expo, IndagkopUKM Banjarnegara bekerja sama dengan Banjarnegara Community University (BCU).

Nih, ada sedikit cerita saya pas main-main ke acara tersebut. Rabu sore, udah keburu aja gitu, di hari pertama langsung cus merapat ke lokasi. Parkir motor bayar diawal 2000 rupiah. Berjalan masuk, ya… masih belum terlalu ramai si, tapi stand-stand udah pada cantik dengan isi hasil karya mereka masing-masing.


Tetiba hape berdering ada kawan mau ikut nyusul ke lokasi. Yasudah, sambil nunggu kawan, saya meluncur ke stand coffee shop yang kebetulan milik kawan juga, Kopi Sabin namanya. Ketemu salim sama mereka dong, di situ nunggu sambil sedikit nyeruput kopi robusta Banjarnegara seduhan mas Danu. Nak enak…

Semakin sore mulai ramai aja nih, banyak pengunjung mulai datang. Tapi ini si kawan saya tak kunjung terlihat batang hidungnya, hahaha. lanjut keliling pameran dulu lagi saja.

Sampai di deretan timur mata saya tertuju pada satu stand yang belum ada namanya, isinya hasil kreatifitas dari kayu kayu gitu. Samperin aja ke standnya. Kenalan sama bapak yang nungguin stand tersebut, namanya Pak Aris.



Saya dipersilahkan duduk di kursi hasil kreasi beliau yang dibuat dari tunggak (akar) kayu menjadi kursi. Mulai ngobrol-lah kami dari a sampai z.

Ternyata usaha di bidang kayu yang beliau namakan SOKA CRAFT ini umurnya baru banget, baru dua bulanan katanya. Workshopnya berada di rumah beliau di Dukuh Krajan, Desa Argasoka.

Bermula dari iseng-iseng, melihat sisa-sisa kayu yang orang Banjarnegara biasa sebut sebitan di pabrik pengolahan kayu, akar sisa tanaman yang ditebang di sekitar rumah. Beliau berkreasi hingga menghasilkan karya yang bernilai seni tinggi.

Seperti korsi dan meja ini yang beliau buat dari bahan akar dan kayu sebitan, atau pohon pohonan yang beliau buat dari sisa ranting pohon yang dibuang. Ada jam dinding juga yang dibuat dari kayu jati, angka angkanya dibuat dari ranting-ranting kecil yang dirangkai.


Bagi pak Aris, acara seperti ini sangat membantu untuk memacu semangatnya yang baru mulai merintis. Beliau berharap kedepan akan terus ada acara-acara serupa seperti ini di Banjarnegara.

Beliau belum melek teknologi, jadi setelah ngobrol kemarin baru akan memulai memasarkan melalui dunia online. Sambil belajar, katanya.
Jadi, buat kamu yang mau order kreasi kayu dari Soka Craft, atau mau main ke workshopnya. Bisa langsung saja kontak beliau di nomer ini, 0812 2609 3259.

Ngobrol dengan Pak Aris sampai kawan datang dan meminta pindah nyari tempat duduk unutk ngobrol manja. Ya.. lagi lagi di coffee shop, tapi kali ini berpindah ke stand rumah kopi Banjarnegara.

Sampai menjelang maghrib masih betah aja. Gelas kopi kami tutup, bayar ke penjual dan bilang, “Mas tak tinggal sholat sit ya?”. Hahahaa,, masih mau lanjut ngobrol aja selepas sholat maghrib.

Fyi; Mushola ada di sebelah kanan gedung, jadi mau pagi sampai malem sampai pagi lagi disini kita bisa tetep menjalankan ibadah sholat di mushola.

Setelah sholat kami kembali, dan suasana menjelang malam semakin ramai saja diiringi live show musik band-band indie Banjarnegara. Emang kece badai ini acara. Top banget lah…



Kamu udah datang ke acara ini belum? Hari ini kan udah tanggal 16, dan besok adalah hari terakhir acara. kuy lah dateng!

Dududuwww. Yang belum berkesempatan bisa datang semoga tahun depan ada lagi ya, atau gak perlu nunggu taun depan semoga akan ada banyak acara-acara yang serupa seperti ini.



“Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition Wing Craft Expo yang diselenggarakan oleh Indagkop Banjarnegara bekerja sama dengan GenMile Banjarnegara”.

2 comments:

  1. Dudududu, km juga anak banjar ya kak? Pantes kreatif bgt :) kenalan ah 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmmm... kok kamu tau? padahal kan sy sendiri tidak paham. :P

      Delete